Cangklong.com http://cangklong.com A Pipe Smoking Journey Sun, 12 Feb 2012 05:06:56 +0000 en-US hourly 1 http://wordpress.org/?v=3.5.1 Rayakan harinya penikmat pipa cangklong sedunia http://cangklong.com/2012/02/rayakan-harinya-penikmat-pipa-cangklong-sedunia/ http://cangklong.com/2012/02/rayakan-harinya-penikmat-pipa-cangklong-sedunia/#comments Sun, 12 Feb 2012 03:47:06 +0000 Fadrin http://cangklong.com/?p=498  

Silahkan tandai tanggal 20 Februari di kalender anda, karena ini adalah hari yang penting untuk dirayakan, harinya penikmat pipa cangklong sedunia, yang dikenal dengan “International Pipe-Smoking Day”. Sejarah terbentuknya kesepakatan untuk merayakan hari ini dapat disimak di tulisan saya yang terdahulu International Pipe-Smoking Day.

 

Tahun ini untuk kedua kalinya saya merayakannya sejak saya mulai menikmati pipa cangklong dan saya akan merayakannya dengan perasaan yang sangat berbeda. Perasaan lega dan gembira mendapati bahwa komunitas penikmat cangklong di Indonesia berkembang positif dilingkupi suasana persahabatan dan kekeluargaan. Tidak salah kalau pada tulisan saya yang terdahulu saya namakan fenomena ini sebagai Renaissance – Babak Kebangkitan Cangklong.

 

Terima kasih untuk teman-teman yang telah mengijinkan saya menggunakan foto-foto untuk banner ini

 

Perkembangan ini tidak lepas dari usaha keras pengrajin (artisan) lokal untuk mengisi kekosongan akan ketersediaan pipa cangklong dan tembakau cangklong dalam negeri yang berkualitas dan terjangkau. Putu Cowe dan Pipa Wijayan adalah diantara perintis yang patut dibanggakan untuk usaha mereka dalam terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pipa cangklong dan racikan tembakau cangklong buatan dalam negeri (klik tautan diatas untuk mengunjungi profil mereka di Facebook).

Selain itu beberapa teman juga berinisiatif mendatangkan pipa cangklong dan tembakau impor, menjadikan pilihan untuk penikmat pipa cangklong di Indonesia semakin lengkap. Berikut ini tautan yang sejauh ini saya ketahui:

Bintang Pipe And Tobacco - Bandung

Puff Corner Djakarta – Jakarta

Pipa Cangklong – Dumai

Beberapa group di jaringan sosial Facebook telah terbentuk dan terus berkembang, menjadi wadah bagi penikmat pipa cangklong ataupun yang berminat mengenali seni menikmati pipa cangklong untuk berbagi pengalaman dan informasi. Berikut ini group di jaringan sosial Facebook yang sejauh ini saya ketahui (terurut berdasarkan abjad):

Cangklonger

Indonesian Pipes Tobaccos Community

Pipe And Tobaccos Club (Indonesian) - Group paling aktif saat ini

Pipa Cangklong Surabaya (PCS)

Priangan Pipe And Tobaccos Club (PTCI JABAR)

PTCI Regional Jogja

Anda penikmat pipa cangklong dan belum tahu bagaimana akan merayakan  International Pipe-Smoking Day tahun ini?

Silahkan pantau group-group jaringan sosial diatas supaya tidak terlewat kesempatan NyaBar (Nyangklong Bareng) bersama penikmat pipa cangklong lainnya untuk merayakan hari istimewa ini.

 

Bowl up and strike a match, let’s celebrate the day…

:)

 

Share

]]>
http://cangklong.com/2012/02/rayakan-harinya-penikmat-pipa-cangklong-sedunia/feed/ 2
Perkenalan dengan Peter Heeschen dan pipa cangklongnya http://cangklong.com/2012/02/perkenalan-dengan-peter-heeschen-dan-pipa-cangklongnya/ http://cangklong.com/2012/02/perkenalan-dengan-peter-heeschen-dan-pipa-cangklongnya/#comments Mon, 06 Feb 2012 05:18:48 +0000 Fadrin http://cangklong.com/?p=418  

Nowhere in the world will such a brotherly feeling of confidence be experienced as amongst those who sit together smoking their pipes.”

(The Results and Merits of Tobacco, 1844, Doctor Barnstein)


 

 

Kutipan diatas memang benar adanya, apalagi kalau bisa duduk dan menikmati tembakau kesukaan dengan pipa cangklong baru yang menjadi kesayangan, ditemani pembuat pipa cangklong itu sendiri sambil berbagi cerita. Hmmmm… ;)

Peter Heeschen dikenal dengan reputasinya sebagai pembuat pipa cangklong berkualitas tinggi yang legendaris. Rencana kedatangannya hari Rabu minggu lalu atas undangan The Embershoppe ke Kuala Lumpur tentu saja menarik perhatian penikmat cangklong termasuk saya. Jauh hari sebelum kedatangannya kurang lebih 20 orang sudah memesan pipa cangklong buatannya dan seperti biasa Peter tetap merahasiakan bentuk pipa yang akan dibuat untuk edisi terbatas The Embershoppe tahun 2012 ini.

Saya luar biasa gembira ketika mengetahui bahwa tahun ini Peter membuat pipa cangklong “P-Shape” yang merupakan signature Peter Heeschen, dengan pilihan sandblast – hitam atau virgin (dibiarkan tanpa lapisan atau warna). Cukup beruntung saya datang cukup awal sehingga punya kesempatan memilih. Pilihan saya jatuh pada sandblast virgin, yang kemudian saya ketahui bahwa Peter hanya membuat beberapa unit virgin saja tahun ini.

Sudah menjadi kebiasaan saya untuk langsung mencoba pipa cangklong yang saya beli, saya segera mengisi pipa cangklong dan mulai menikmati gulungan demi gulungan asap tembakau kesukaan saya, ditemani Peter dan teman-teman lain.

 

Peter Heeschen Yang Saya Kenal

 

 

Peter bukan saja dikenal sebagai pembuat pipa cangklong berkualitas tinggi, dia juga terkenal dengan pribadinya yang sangat ramah. Dari pertemuan yang sebenarnya cukup singkat itu saya dapati bahwa Peter adalah teman nyangklong dan ngobrol yang menyenangkan, obrolan mengalir begitu saja seperti layaknya teman lama.

Selain mendapatkan sejumlah pentunjuk untuk menikmati pipa cangklong saya juga mendapati Peter memiliki kesamaan dengan saya dalam hal kecintaan akan tembakau jenis Virginia, utamanya red/dark Virginia yang juga dinikmatinya saat itu. Serupa dengan Peter saya pun menyukai racikan tembakau yang tidak terlalu keras, dengan aroma manis lembut yang alami.

 

Pipa Cangklong Peter Heeschen

 

Peter menggunakan kayu briar berkualitas tinggi yang dia dapatkan dari Italy, dengan pilihan stem terbuat dari bahan ebonite berwarna gelap (hampir hitam) mengkilat, menjadikan pipa cangklong buatannya bukan hanya terlihat indah tapi juga ramah untuk gigi karena stem yang terbuat dari bahan ini lebih lunak dibandingkan stem berbahan lucite. Bowl (mangkuk) pipa cangklong buatan Peter selalu tanpa lapisan, dan saya amati Peter cenderung memilih menggunakan bahan kayu eksotik untuk menghiasi stem pipa cangklongnya buatannya. Pipa cangklong yang saya miliki dihiasi kayu boxwood yang kelihatan serasi dengan warna asli kayu briar.

 

 

Pengalaman menikmati tembakau cangklong dengan pipa cangklong buatan Peter membawa saya ke tingkat appresiasi yang lebih tinggi. Saya sudah memiliki lebih dari selusin pipa cangklong dari berbagai merek ataupun pembuat pipa cangklong seperti Dunhill, Peterson, L’Anatra, Paul Winslow yang saya percaya juga memiliki kualitas yang sangat baik, tetapi smoking quality dari pipa cangklong buatan Peter Heeschen saya anggap “super” (meminjam istilah yang sering digunakan oleh Mario Teguh  ;) ).

Dapat dirasakan pipa cangklong buatan Peter ini direkayasa bukan hanya untuk keindahan tapi mengutamakan smoking quality, tarikan yang leluasa dan selalu terasa kering (tidak lembab) sehingga cita rasa dan aroma tembakau terasa begitu bersih dan murni selama menikmatinya sampai tembakau habis di dasar bowl (mangkuk), hampir tidak terdeteksi adanya kelembaban berlebih apa lagi dalam bentuk cairan pada pipa cangklong. Hal yang jarang saya temui ketika menikmati pipa cangklong baru untuk pertama kalinya. Seperti pribadi Peter yang ramah dan bersahabat, pipa cangklong buatannya pun terasa ramah dan bersahabat sejak dari bowl pertama.

Smoking quality yang “super” dari pipa buatan Peter ini saya yakin berasal dari kualitas kayu briar yang dipakai digabung dengan pengetahuan dan keterampilan Peter dalam merekayasa sistem untuk pipa cangklong yang dibuatnya. Satu hal yang bisa saya amati berbeda dari pipa cangklong buatan Peter adalah lubang saluran pada pipa cangklong Peter didisain lebih besar dibandingkan dengan pipa lain yang saya miliki.

 

Kiri: Peter Heeschen, Kanan: Dunhill

 

Kalau ada yang bertanya “Pipa Cangklong apa yang ingin anda miliki setelah ini?”, jawaban saya sudah pasti, “Saya ingin memiliki paling tidak satu atau dua lagi pipa cangklong buatan Peter Heeschen”. :D

Looking forward to see you back next year Peter…

 

FN

 

Share

]]>
http://cangklong.com/2012/02/perkenalan-dengan-peter-heeschen-dan-pipa-cangklongnya/feed/ 135
Renaissance – Babak Kebangkitan Cangklong http://cangklong.com/2011/03/renaissance-babak-kebangkitan-cangklong/ http://cangklong.com/2011/03/renaissance-babak-kebangkitan-cangklong/#comments Thu, 24 Mar 2011 11:54:05 +0000 Fadrin http://cangklong.com/?p=385  
The Last of a breed?

The last of a breed – a man enjoying his pipe in Yogyakarta. While common in other parts of the world, pipe smoking is virtually extinct in contemporary Indonesia.

Demikian cuplikan dari buku yang minggu lalu saya beli ketika berkunjung ke Jakarta, “Kretek: The Culture and Heritage of Indonesia’s Clove Cigarettes”. Cukup mengejutkan mengetahui bahwa buku ini ditulis oleh penulis asing “Mark Hanusz” yang diterbitkan pertama kali tahun 2000 oleh Equinox Publishing.

Penulis buku diatas terinspirasi untuk menulis buku ini setelah melakukan perjalanan selama sebulan penuh di sekitar pulau Jawa pada tahun 1998. Mungkin demikian kenyataan yang didapat diamati oleh penulis pada saat itu dan tidak dipungkiri saya pun memiliki pandangan yang sama ketika itu.

Seperti halnya di belahan dunia lain, memanjakan diri dengan kemewahan tembakau cangklong awalnya hanya milik kalangan ningrat atau cendekiawan. Tapi berbeda dari dari belahan dunia lain dimana cangklong kemudian juga dinikmati oleh kalangan yang lebih luas, di Indonesia budaya menikmati tembakau cangklong ini hilang ditelan masa, dipercayai tergusur oleh popularitas rokok kretek sebelum budaya nyangklong sempat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas. Yang tertinggal hanya gambaran cangklong yang identik dengan kalangan nigrat atau cendekiawan.

 
Renaissance – Babak Kebangkitan Cangklong

Kurang lebih sepuluh tahun setelah diterbitkannya buku ini, cangklong telah kembali mendapatkan perhatian penikmat tembakau di Indonesia sebagai pilihan. Ada segudang faktor yang mendorong kebangkitan ini, diantaranya menurut saya adalah internet.

Kemudahan akses terhadap informasi mengenai cangklong, cara menikmatinya, berikut jenis tembakau yang pantas dicoba untuk dinikmati cukup dapat menjawab keingintahuan penikmat cangklong maupun yang tertarik untuk mencobanya. Social media seperti Facebook menjadikan interaksi untuk berbagi informasi diantara penikmat cangklong menjadi semakin mudah dan cepat. WTC Cangklonger adalah grup Facebook yang saat ini paling aktif mewadahi peminat dan penikmat cangklong yang umumnya berasal dari Indonesia.

Acara keakraban penikmat cangklong di restoran Ciragil, Jakarta, tanggal 13 Maret 2011 lalu menandai  bermulanya babak kebangkitan cangklong di Indonesia. Pertemuan penikmat cangklong yang diawali dari interaksi antara penikmat cangklong di dunia maya melalui wadah grup WTC Cangklonger di Facebook ini diyakini sebagai yang pertama kali di Indonesia dan saya cukup beruntung bisa menghadirinya.

Dihadiri sekitar 20 peserta yang tidak hanya berasal dari Jakarta, acara ini sangat hangat dan penuh keakraban, terasa semangat mulia yang melingkupi persaudaraan ini untuk menghormati dan melestarikan tradisi menikmati cangklong, a time-honored and ancestral tradition.

Penikmat cangklong Indonesia di babak kebangkitan cangklong ini tidak lagi terbatas di kalangan ningrat, cendekiawan, lanjut usia, ataupun didominasi pria. Saya sudah menjumpai dan kenal paling tidak satu wanita yang mulai belajar menikmati cangklong di acara ini ;)

Let’s cultivate the noble art of pipe smoking…!

:)

Share

]]>
http://cangklong.com/2011/03/renaissance-babak-kebangkitan-cangklong/feed/ 14
International Pipe Smoking Day http://cangklong.com/2011/02/international-pipe-smoking-day/ http://cangklong.com/2011/02/international-pipe-smoking-day/#comments Sun, 20 Feb 2011 07:01:30 +0000 Fadrin http://cangklong.com/?p=372 Hari ini seperti halnya para penikmat cangklong lainnya di seluruh dunia saya turut merayakan seni menikmati tembakau cangklong dan semangat mulia yang melingkupi persaudaraan diantara sesama penikmatnya dengan meluangkan masa bersulang satu sama lain untuk menghormati dan melestarikan tradisi ini.

Tanggal 20 Februari adalah hari perayaan International Pipe Smoking Day. Jadi silahkan tandai kalender anda agar tidak agar tidak terlepas perayaan penting untuk penikmat cangkong ini ;) . Perayaan ini dimulai oleh Smoker’s Forum pada tahun 2008, pada tahun 2009 dirangkul oleh Comite International Des Pipe Clubs dan The United Pipe Clubs Of America (UPCA) yang kemudian menjadi milik semua penikmat cangklong di dunia sampai saat ini.

Menikmati tembakau cangklong sebagai hobby telah mengalami penurunan dalam jumlah peminatnya selama beberapa dasawarsa. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini terlihat perkembangan yang menunjukkan adanya sedikit peningkatan jumlah penikmat cangklong. Dan ini adalah hal yang menggembirakan!

Bowl up and strike a match, let’s celebrate the day…

:)

Share

]]>
http://cangklong.com/2011/02/international-pipe-smoking-day/feed/ 4
Daftar toko dan penjual cangklong http://cangklong.com/2011/02/daftar-tokopenjual-cangklong/ http://cangklong.com/2011/02/daftar-tokopenjual-cangklong/#comments Tue, 15 Feb 2011 05:37:29 +0000 Fadrin http://cangklong.com/?p=227 Salah satu hal yang paling menyenangkan bagi penikmat cangklong adalah mengunjungi toko atau penjual cangklong. Perayaan istimewa seperti ulang tahun biasanya adalah saat yang tepat untuk mendapatkan cangklong baru, tapi tidak menutup kemungkinan ada hari-hari tertentu yang dirasa sebagai hari yang baik untuk melangkahkan kaki ke toko atau penjual cangklong dengan harapan menemukan cangklong idaman atau racikan tembakau baru.

Seperti penikmat cangklong pada umumnya, selain membeli cangklong dan racikan tembakau dari tempat biasa, dari waktu ke waktu saya selalu menjelajahi tempat baru dengan harapan bisa mendapatkan racikan tembakau baru atau jenis cangklong yang belum pernah saya temui sebelumnya. Berikut ini adalah daftar toko dan penjual cangklong yang saya ketahui dan akan terus diperbaharui seiring dengan penemuan dan saran dari teman-teman sesama penikmat cangklong.

Silahkan berbagi informasi bagi penikmat cangklong yang mengetahui toko atau penjual cangklong yang belum ada dalam daftar ini.

Selamat berbelanja  :D

Indonesia: Jakarta (0)

 

Untuk dijelajahi pada kunjungan ke Jakarta dalam waktu dekat ini ;)

Indonesia: Bandung (1)

 

Toko Kejora Jaya
Jalan Naripan No.1 A
Bandung, Jawa Barat
Telepon: +62 (22) 4218362

—————————————————————————————————————————

Informasi didapat dari teman-teman di WTC Cangklonger, toko ini menjual cangklong dan tembakau impor berkualitas. Davidoff, Peterson dan Dunhill diantara produk yang bisa didapatkan disini.

Malaysia: Kuala Lumpur (3)

Cigar Lounge – Hartamas, Sri Hartamas
Hartamas Shopping Centre, G-23A, Ground Floor
60 Jalan Sri Hartamas 1, Sri Hartamas, 50480
Kuala Lumpur
Telepon: +60 (3) 6201 0338
Email: cigarslounge@gmail.com
Web: www.cigarslounge.com.my

Cigar Lounge – Menara Hap Seng, Kuala Lumpur
Menara Hap Seng, Lot G16, The Podium
Jalan P.Ramlee, 50250
Kuala Lumpur
Email: cigarslounge@gmail.com
Web: www.cigarslounge.com.my
 
Kamelah Tobacco House – Mid-Valley, Kuala Lumpur
Mid-Valley Mega Mall, LG 084, Center Court
Lingkaran Syed Putra, 58200
Kuala Lumpur
Telepon: +60 (3) 80709395
Kontak: Ms. Wendy

Malaysia: Selangor (6)

 

The Embershoppe – The Curve, Damansara
The Curve, Lot G39B, Ground Floor
No.6, Jln PJU 7/3, Mutiara Damansara 47810, Petaling Jaya
Telepon: +60 (12) 3083352, +60 (3) 77253525
Kontak: Mr. CK Lim/Mrs. Jane

 

 

—————————————————————————————————————————

Tempat saya membeli cangklong pertama saya, CK pemilik toko ini adalah penikmat cangklong yang memiliki wawasan yang luas mengenai cangklong dan racikan tembakau.

Pilihan cangklong di toko ini sangat beragam; Stanwell, Peterson, Crown (Poul Winslow), yang paling menarik adalah pilihan cangklong hand made dari pembuat cangklong terkenal seperti Poul Winslow, Tsuge, Peter Heeschen. Pilihan tembakau MacBaren paling lengkap di toko ini.

Kamelah Tobacco House – Empire, Subang

Empire Shopping Gallery
 Lot LG 20, Lower Ground Floor
Jalan SS16/1, Subang Jaya 47500
Selangor
Telepon: +60 (3) 56315622
Kontak: Terry

—————————————————————————————————————————

Akhir-akhir ini saya cukup sering mengunjungi tempat ini, karena tempatnya tidak jauh dari rumah. Pilihan cangklong Peterson, Vauen, Chacom, Big Ben, Crown (Poul Winslow) tersedia disini. Racikan tembakau yang tersedia pun cukup beragam, mulai dari Peterson, Ashton, Aromatik-nya Dan Tobacco, Mac Baren, Robert McConnel, Rattray, Silem’s, Mc Clelland dan masih banyak lagi. Photo diatas saya ambil beberapa waktu lalu ketika saya berkunjung ke sana.

Kamelah Tobacco House – IOI Mall, Puchong
IOI Mall, Lot GK 16, Ground Floor
Bandar Puchong Jaya, 47170 Puchong
Selangor

Kamelah Tobacco House – One Utama, Petaling Jaya
One Utama Shopping Centre (New Wing)
Lot LG315A, Lower Ground  Floor
Bandar Utama, Petaling Jaya
Selangor
Telepon: +60 (3) 77275957
Kamelah Tobacco House – Sunway Pyramid, Petaling Jaya
Sunway Pyramid Shopping Centre (New Wing)
Lot LG2.101, Lower Ground Two
Jalan PJS 11/15, Bandar Sunway, 46150, Petaling Jaya
Selangor
Telepon: +60 (3) 56221092

 

Kamelah Tobacco House – AEON Bukit Tinggi, Klang
AEON Bukit Tinggi Shopping Centre
Lot G10, Ground Floor, Klang
Selangor

Malaysia: Johor Bahru (1)

Kamelah Tobbaco House – AEON Tebrau
AEON Tebrau Shopping Centre
G-02, Ground Floor, Johor Bahru
Telepon: +60 (7) 3543306

Malaysia: Penang (2)

Kamelah Tobacco House – Queensbay Mall (Concourse)
Queensbay Mall (Concourse), LG-101 & 101A
Penang
Telepon: +60 (4) 6429558

 

Kamelah Tobacco House – Perdana Mall AEON
Perdana Mall – AEON Seberang Prai City Shopping Centre
Lot G01, Ground Floor
Penang
Telepon: +60 (4) 5382736

Malaysia: Malacca (1)

Kamelah Tobacco House – Mahkota Parade
Mahkota Parade Shopping Centre
Lot F44 & F44-1, First Floor
Malacca
Telepon:  +60 (6) 2862697

Malaysia: Perak (1)

Kamelah Tobacco House – Kinta City Ipoh
Kinta City Shopping Centre
Lot 29A, Jaya Jusco
Ipoh, 31400, Perak
Telepon: +60 (5) 5495491

Share

]]>
http://cangklong.com/2011/02/daftar-tokopenjual-cangklong/feed/ 111
Memilih cangklong untuk pertama kalinya http://cangklong.com/2011/01/memilih-cangklong-untuk-pertama-kalinya/ http://cangklong.com/2011/01/memilih-cangklong-untuk-pertama-kalinya/#comments Tue, 25 Jan 2011 09:46:21 +0000 Fadrin http://cangklong.com/?p=75 Pemilik toko yang juga teman baik tempat saya biasa mendapatkan cerutu tersenyum lebar ketika hari itu saya datang menemuinya dengan hasrat untuk mencoba nyangklong. Saya masih ingat komentar beliau pada saat itu, “I know you will finally reach for a pipe…”.  Beliau ternyata sudah menyangka bahwa cepat atau lambat saya akan tertarik untuk mencoba menikmati cangklong.

Sebelumnya obrolan kami biasanya berkisar mengenai cerutu dan saya tahu beliau sangat arif mengenai tembakau dan cerutu, tapi pada hari itu akhirnya saya mengetahui bahwa beliau juga adalah penikmat cangklong dengan pengalaman dan wawasan yang luas mengenai cangklong dan racikan tembakau cangklong. Saya cukup beruntung mendapat bimbingan yang baik dari beliau sejak awal perjalanan saya di dunia cangklong.

 

Memilih cangklong untuk pertama kalinya

Bagi pemula seperti saya pada saat itu, dihadapkan dengan begitu banyak pilihan bentuk, bahan dan harga, memilih cangklong untuk pertama kalinya merupakan proses yang sangat membingungkan. Saran beliau dalam memilih cangklong pertama bagi pemula yang belum pernah memiliki cangklong seperti saya, sangat membantu meringankan beban saya.

Beliau menyarankan untuk tidak perlu terlalu merisaukan apakah cangklong yang lurus lebih baik dari yang melengkung, atau cangklong yang berukuran mangkuk (bowl) kecil lebih baik dari yang ukurannya lebih besar, atau cangklong dengan permukaan luar kasar (sandblasted) lebih baik dari yang halus/licin (smooth finished), atau cangklong yang berdinding tebal lebih baik dari yang lebih tipis. Setiap desain memiliki keistimewaan dan kekurangannya masing-masing demikian tutur beliau.

Beliau hanya menganjurkan untuk memilih cangklong dari bahan briar wood, pilih tiga atau empat cangklong yang dirasa “sreg” (dalam pengertian saya: cukup menyenangkan untuk dimiliki) kemudian dari tiga atau empat pilihan itu, pilihlah satu yang paling disukai dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Sesederhana itu… ;)

Cangklong pertama

 

Inilah cangklong pertama pilihan saya (gambar diatas: Stanwell Trio 207), yang kemudian saya ketahui cangklong dengan desain bentuk seperti ini populer dengan nama Poker. Anda mungkin tersenyum bila mengetahui salah satu sebab saya menjatuhkan pilihan pada cangklong ini:

1.  Bentuknya mengingatkan saya pada tokoh kartun Popeye the sailor man ;)

2.  Cerutu dengan diameter besar yang biasa saya nikmati umumnya memiliki cita rasa dan aroma yang lebih kaya dan kompleks karena mampu memuat paling tidak tiga jenis tembakau. Berangkat dari pemikiran itu saya memilih cangklong ini karena memiliki diameter mangkuk (bowl) yang cukup besar.

3.  Sebagai jenis orang yang berfikiran praktis, saya utamanya menyukai cangklong ini karena desainnya yang amat praktis, tidak memerlukan penyangga untuk meletakkannya di atas meja.

4.  Cukup terjangkau untuk ukuran kantong saya.

Yang dapat saya pelajari dari pengalaman ini adalah tidak perlu memaksakan diri untuk memulai nyangklong dengan membeli cangklong yang sangat mahal, cukup pastikan cangklong yang dipilih memiliki kualitas pembuatan yang baik dan jika memungkinkan pilih cangklong dari bahan briar wood untuk mendapatkan pengalaman nyangklong yang memuaskan. Sampai saat ini briar wood masih dipercayai sebagai bahan terbaik untuk  membuat cangklong. Untuk cangklong yang pertama, pilihlah bentuk dan desain apa saja yang dianggap paling menyenangkan dan cocok dengan karakter pemiliknya. Mengutip saran mentor saya: “Setiap desain memiliki keistimewaan dan kekurangannya masing-masing“. Pada akhirnya peluang selalu terbuka lebar untuk mencoba cangklong dengan desain bentuk, ataupun bahan yang berbeda di kemudian hari dan pada saat itu dengan pengalaman dan pengetahuan mengenai cangklong yang semakin meningkat, memilih cangklong akan jauh lebih mudah ;)

 

Perlengkapan nyangklong

Cukup puas dengan cangklong pilihan saya, sayapun mulai bertanya-tanya perlengkapan lain apa lagi yang perlu dimiliki untuk mulai nyangklong? Seperti halnya cangklong, perlengkapan nyangklong pun sangat beragam. Mulai dari rak untuk menyimpan cangklong, tempat tembakau, alat untuk memadatkan tembakau (tamper), filter, reamer, pematik api, asbak, berbagai jenis pembersih cangklong dan masih banyak lagi.

Sebenarnya hanya perlu 4 peralatan lain saja untuk mulai nyangklong tutur beliau.

1.  Pematik api (lighter) atau korek api kayu (matches). Beliau menyarankan untuk menggunakan korek api kayu atau pematik api yang menghasilkan nyala api seperti korek api kayu atau lilin (flame lighter), hindari pemakaian pematik api yang menghasilkan semburan api (torch lighter) karena suhu yang dihasilkan terlalu tinggi, membakar tembakau terlalu cepat dan kemungkinan besar dapat membakar kayu cangklong. Pilihan saya jatuh pada pematik api Zippo yang didesain khusus untuk cangklong, korek api kayu saya rasakan kurang praktis pada saat itu ;)

2.  Filter (pipe filter). Diperlukan hanya jika cangklong yang dimiliki didesain untuk menggunakan filter. Kebetulan cangklong pilihan saya menggunakan filter jenis 9mm.

3.  Alat untuk memadatkan tembakau (tamper). Saya pilih yang sederhana dan cukup murah, selain itu juga dilengkapi sendok kecil untuk mengorek abu dan sisa tembakau dari mangkuk cangklong.

4.  Pembersih cangklong (pipe cleaner). Pipe cleaner umumnya dibuat dari bahan yang yang memiliki daya serap cairan yang tinggi, sejenis katun atau bahan sintetis lainnya yang berdaya serap lebih tinggi. Digunakan untuk membersihkan sekaligus mengeringkan pipa saluran dalam cangklong dari tar, sisa embun/cairan dan kotoran lainnya.

Kira-kira seperti inilah (gambar di atas) perangkat nyangklong saya yang pertama kali. Belum lengkap lagi untuk memulai nyangklong, karena saya masih harus memilih tembakau cangklong pertama saya :D

 

Memilih tembakau cangklong

Sebagai pemula saya disarankan untuk memulai dengan tembakau aromatik dan saya tidak menemui kesulitan untuk memutuskan racikan tembakau (tobacco blend) mana yang akan saya pilih. Mac Baren No.8 Limited Edition adalah “cinta pada ciuman pertama” saya (silahkan baca posting saya Cinta pada ciuman pertama).

Sekarang saya dapat memahami kenapa pada umumnya pemula disarankan untuk mencoba tembakau aromatik. Tembakau aromatik pada umumnya tidak terlalu keras/kuat sehingga mudah dinikmati dan meninggalkan kesan pertama yang sangat indah untuk penikmatnya, bahkan orang disekitarnya. Kunjungi situs web ini (http://www.tobaccoreviews.com/) untuk membaca ulasan-ulasan mengenai tembakau yang beredar di pasaran.

Lengkap sudah, tinggal sekarang bagaimana caranya nyangklong…???

Nantikan posting saya berikutnya ;)

Share

]]>
http://cangklong.com/2011/01/memilih-cangklong-untuk-pertama-kalinya/feed/ 13
Cinta pada ciuman pertama http://cangklong.com/2011/01/cinta-pada-ciuman-pertama/ http://cangklong.com/2011/01/cinta-pada-ciuman-pertama/#comments Sat, 22 Jan 2011 04:57:24 +0000 Fadrin http://cangklong.com/?p=52 Ketertarikan saya untuk mencoba menikmati cangklong didasari hal yang sangat sederhana, yaitu Aroma. Bukan pada bentuk cangklong yang elegan, atau status penikmat cangklong yang identik dengan gaya hidup orang dari kalangan tertentu, ataupun sejarah panjang cangklong sebagai alat untuk menikmati tembakau. Pada dasarnya saat itu pengetahuan saya tentang cangklong sangat minim. Aroma tembakau cangklong-lah yang telah membuat saya jatuh hati… cinta pada ciuman pertama ;)

Akhir bulan September 2009 saya menghadiri acara meet and greet party di tempat saya biasa mendapatkan perlengkapan and stok cerutu. Untuk memeriahkan acara tersebut penyelengara mendatangkan torcedores (cigar roller) dari Republik Dominika (Davidoff). Pada malam itulah ketika sedang menunggu antrean untuk memesan hand rolled cigar kegemaran saya,  tertangkap oleh indera penciuman saya aroma yang saya kenal pasti adalah aroma tembakau tapi begitu indah dan kompleks. Aroma alami tembakau yang manis dibarengi wewangian rangkaian bunga yang sangat lembut dan sedikit terkesan aroma buah-buahan yang dikeringkan. Sensasi yang dirasakan oleh orang di sekitar penikmat tembakau inilah yang kemudian saya ketahui dinamakan “Room note”, salah satu kriteria yang sering perbincangkan dalam menilai tembakau utamanya tembakau aromatik.

Tertarik, saya berkeliling mencari sumber dari aroma yang sangat menyenangkan itu. Pencarian saya berakhir di salah satu sudut ruangan dimana saya menemukan seorang pria yang kelihatan baru saja menyalakan cangklongnya dan duduk dengan santai menikmati cangklongnya ditemani secangkir kopi panas. Pria tersebut dengan ramah menyambut dan mempersilahkan saya duduk ketika saya mendekati dan mengungkapkan keingintahuan saya tentang cangklong dan tembakau yang sedang dinikmatinya itu. Dengan senang hati pula beliau meluangkan waktu membagi pengalaman dan pengetahuannya mengenai dunia cangklong. Sifat berbagi ini yang kemudian juga saya amati adalah merupakan sifat yang umum dan menjadi ciri khas penikmat cangklong. Maka bermulalah kisah cinta saya di dunia cangklong.

Penikmat cangklong pada umumnya sependapat bahwa kenikmatan yang diperoleh dari menikmati tembakau cangklong (nyangklong) lebih dari merokok sigaret. Berbeda dari perokok sigaret , penikmat cangklong tidak semata-mata mendambakan nikotin, tapi mementingkan aroma dan cita rasa tembakau yang dinikmatinya. Penikmat cangkong tidak menghirup uap tembakau sampai ke paru-paru, cukup di dalam rongga mulut untuk menikmati cita rasanya dengan mengandalkan pengecap rasa pada lidah dan menggunakan indera penciumannya untuk menikmati aromanya. Berangkat dari hal diatas saya merasa lebih pantas menggunakan istilah penikmat cangklong dari pada perokok cangklong.

Pilihan cita rasa dan aroma tembakau cangklong sangat beragam, baik yang aromatik maupun non-aromatik dan jumlahnya akan terus bertambah seiring dengan waktu, menyediakan pilihan yang hampir tak terbatas untuk penikmat cangklong.

Cangklong sebagai alat utama untuk menikmati tembakau pun sangat beragam jenisnya, baik dari bahan yang digunakan maupun dari desain bentuk dan ukurannya. Bahan yang paling umum digunakan sampai saat ini adalah Briar Wood. Tentunya pengalaman yang dirasakan selama menikmatinya pun beragam dari satu cangklong ke cangklong lainnya, bergantung dari jenis bahan yang digunakan, desain dan ketrampinan pembuatnya.

Selain itu nyangklong juga memerlukan sedikit keterampilan untuk menikmatinya; memasukkan  tembakau ke dalam mangkuk cangklong (packing), menyalakannya (charring/lighting), memadatkan tembakau untuk menjaga agar bara tetap menyala (tamping), membersihkan dan merawat cangklong agar tetap dalam kondisi prima (cleaning/maintenance). Kesemua itu mempengaruhi kenikmatan nyangklong.

Dengan pilihan tembakau dan jenis cangklong yang sangat beragam dibarengi keterampilan untuk menikmatinya yang akan terus meningkat seiring dengan waktu menjadikan nyangklong sebuah perjalanan atau pengembaraan bagi penikmatnya. Menikmatinya adalah sebuah pengalaman yang merangsang indera kita untuk menikmati cita rasa dan aroma yang menyenangkan yang dapat membantu kita bersantai menikmati waktu yang dengan serta merta meningkatkan kualitas hidup kita.

Seperti halnya para pengembara, berbagi kisah pengembaraan adalah hal yang menjadikan pengembaraan itu sendiri menjadi lebih menarik. Dengan semangat yang sama saya memulai blog ini.

:)

Share

]]>
http://cangklong.com/2011/01/cinta-pada-ciuman-pertama/feed/ 21